[Android] How To Mod APK

Untuk tutorial ini kita akan mencoba modding game dari GARIS, yaitu
Renjers. meskipun yang aka kita patch di sini sudah di proteksi server
side, tapi yang inti nya adalah bagaimana membuat modded apk itu
sendiri.



Tools yg di perlukan antara lain:

0. JRE atau JDK 6

1. APK-Multi Tool (utk decompile, sign, recompile), situs resmi: http://apkmultitool.com/

2. IDA Pro (utk Disasembly, analisa fungsi dalam file lib (*.so), link
donlot cari sendiri di g0ogle ya, terlalu besar size nya utk sy upload)

3. Hex Editor (merk apa aja, utk edit file lib tadi, kalo dah dapat yg mau di patch, link donlot juga cari sendiri ya... :p)



DECOMPILE

1. Donlot apk-multi tool dan extract.

2. Jalankan Setup.bat





Spoiler setup
Gambar Terposting


3. Pilih 3, tekan ENTER

4. Cek folder apk-multi tool, folder2 utk menyimpan project dll akan di buat otomatis. Tutup jendela ini.

5. Copy apk yang akan di mod di folder "place-apk-here-for-modding", sbg contoh, L1n3Renjers_1.0.4.apk

6. Jalankan Script.bat, pilih 24 (Set current project), tekan ENTER



Spoiler script
Gambar Terposting

Pilih nomor apk yang akan di decompile, contoh: 1
Gambar Terposting


7. Di bagian current app akan muncul nama project/apk yg aktif



Spoiler project
Gambar Terposting


8. Pilih (Decompile apk), utk mulai decompile, tunggu sampe proses selesai.



Spoiler decom
Gambar Terposting


9. Minimize jendela script

10. Copy file libgame.so, dari folder apk-multi-tool \projects\L1n3Renjers_1.0.4.apk\lib\armeabi\libgame.so ke mana aja. misal desktop\lib\





DISASEMBLY

1. Buka IDA pro

2. Buka ato drag file yang tadi di copy ke jendela ida



Spoiler ida open
Gambar Terposting


3. Klik OK, pilih YES kalo ada confirmasi change processor type

4. Tunggu beberapa menit, sampe lib selesai di load

5. Berikut nya adalah mencari (step ini yg paling membosankan, krn kita
harus nebak kira2 fungsi apa dan akan membuat efek apa di dlm game)

6. Klik tab Exports, urut nama fungsi nya dengan meng-klik kolom name

7. Sebagai contoh, kita akan mencoba patch fungsi yg mengaktifkan roket/misil tanpa delay



Spoiler n0delai
Gambar Terposting




8. Dari nama fungsi nya kita bisa mengetahui, kalo ini adalah fungsi untuk mengecek apakah roket sdh siap.

9. Klik 2x nama fungsi nya, ida akan berganti view ke View-A (klik kanan utk berganti mode view graph ato text view)

10. Scroll sediit ke bawah sampe end of function



Spoiler end
Gambar Terposting




perhatikan yang di kotak merah, mulai dari:





.text:00297C28 LDR R1, =0x3F800000

baris ini mengisi register R1, dgn nilai 0x3F800000 ato float 1.0



trus memanggil fungsi utk compare float:

 77 int __aeabi_fcmpeq(float, float); // result (1, 0) denotes (=, <>) [2], use for C == and !=

referensi: http://users.sosdg.o...ude/aeabi.h#L77



jika hasil compare ini = 0, maka hasil fungsi ini juga akan bernilai 0 atau false, artinya, roket blum siap

.text:00297C34 CMP R3, #0
.text:00297C38 BEQ loc_297C44



keterangan:

CMP = COMPARE

BEQ = BRANCH IF EQUAL



.text:00297C44 loc_297C44 ; CODE XREF: BattleManager::isReadyToWeapon(void)+88 j
.text:00297C44 MOV R3, #0

isi register R3 = 0



.text:00297C48 loc_297C48 ; CODE XREF: BattleManager::isReadyToWeapon(void)+90 j
.text:00297C48 MOV R0, R3

isi R0 = R3, di dalam fungsi ARM, R0 adalah alamat register untuk meyimpan nilai kembalian dari fungsi



yang perlu kita modifikasi adalah, membuat fungsi ini selalu bernilai 1 atau true, jadi roket akan selalu ready.

bisa dengan mengedit alamat



.text:00297C48 MOV R0, R3

menjadi

.text:00297C48 MOV R0, #1 



atau

.text:00297C44 MOV R3, #0

menjadi

.text:00297C44 MOV R3, #1



yg paling gampang adalah alamat kedua, krn cmn mengganti nilai #0, menjadi #1



klik pada alamat 00297C44, alamat yg aktif akan di tandai kuning



Spoiler klik
Gambar Terposting




ganti view ke Hex View-A



Spoiler hex
Gambar Terposting




00297C44 00 30 A0 E3

code diatas adalah  asembly dari perintah MOV R3, #0



utk ke mode edit, tekan F2, ganti 00 jadi 01, tekan F2 sekali lg jika sudah mengedit



Spoiler edit
Gambar Terposting


kembali ke IDA View-A, utk melihat perubahan



Spoiler check
Gambar Terposting






LANJUT POST #2

Terlalu banyak gambar....



Credits:

G0ogle

AGH



Referensi:

ASM Introduction

IDA Tips



//hrd



CONT...



PATCHING

1. Buka HEX Editor (saya pake ultra Edit)

2. Buka ato drag libgame.so yg sdh di copy tadi ke jendela hex editor



Spoiler hex-edit


3. Copy address dr ida (00297C44)

4. Tekan CTRL+G di ultraedit, paste address (tambahkan 0x di depan address sblm klik OK)



Spoiler goto
Gambar Terposting

Cursor akan aktif di address yg akan di edit
Gambar Terposting




5. Edit 00 30 jadi 01 30



Spoiler editing
Gambar Terposting




6. Save, ato Tekan CTRL+S

7. Copy lib editan ini ke folder apk-multi-tool, timpa lib yg asli



Selanjut nya adalah Recompile, kembali ke jendela script. jika tidak
sengaja menutup jendela ini, kembali ke bagian DECOMPILE step 6.



8. Pilih 12 (Compile non system apk) ato 15 ( Compile apk / Sign apk /
Install apk), jika ADB sdh terinstall dan hh sdh terhubung ke pc/laptop



Catatan:

jika memilih 12, pilih 2 (Create unsigned apk) setelah proses recompile berhasil



Pastikan hh terhubung sebelum memilih 15, ada baik nya uninstal game
dari hh, krn biasa nya, game yg memakai lib, jika di install timpa
langsung, lib nya nda di update/lib asli tdk tertimpa.



Hasil modded apk bisa di lihat di:



\place-apk-here-for-modding\unsigned***.apk

Gambar Terposting





Catatan Lagi

Tutor ini apa ada nya, artinya silahkan kembangkan sendiri. google is your friend.



Yg palng penting di sini adalah Trial and Error. jd jgn bosan mencari
dan mencoba, kalo fungsi yg kita mod gak work, ato gak ada efek ato sdh
di protek server side, kan masih ada ratusan fungsi yang bisa kita edit





Enjoy, happy modding
0 Komentar untuk "[Android] How To Mod APK"

 
-->